Thursday, December 18, 2008

Selamat Tinggal Kegemukan

Bukan hanya mengganggu penampilan, kegemukan juga mengancam kesehatan. Lakukan langkah berikut dan ucapkan selamat tinggal pada kegemukan.

- Batasi kalori

Pada dasarnya, agar tidak kegemukan kita "hanya" perlu mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori lebih rendah dari kalori yang dibakar.

- Minum air putih

Kalau biasanya dalam sehari Anda bisa menghabiskan segelas jus, soda, atau minuman beralkohol, mulai sekarang ganti dengan air putih. Dengan cara sederhana ini Anda sudah mengurangi asupan kalori per hari.

- Olahraga 15-20 menit.

Bila Anda bermasalah dengan berat badan, biasanya Anda juga punya masalah dengan kebiasaan olahraga. Mungkin ini karena Anda terlalu memaksakan diri. Cukup berolahraga selama 15 menit setiap hari, 100-150 kalori akan terbakar, tergantung berat badan dan metabolisme tubuh.

- Ganti camilan

Keripik kentang, gorengan, dan makanan ringan lainnya sebenarnya mengandung kalori tidak sedikit. Bila Anda terbiasa ngemil setiap hari, gantilah dengan sayur atau buah. Jauhi pula camilan yang kaya gula, seperti donat, cokelat, atau es krim.

- Berhubungan seks

Berhubungan intim dengan pasangan adalah salah satu aktivitas fisik yang tak cuma menyenangkan, tapi juga bisa membakar kalori. Tapi tentu Anda tak cuma melakukannya selama 3 menit, melainkan 15 menit. Bila dilakukan setiap hari, jumlah kalori yang dibakar mencapai 150.

- Sarapan sehat

Melewatkan sarapan justru bisa membuat tubuh lemas dan sangat lapar di siang hari. Pilih sarapan sehat, seperti sandwich sayuran atau oatmeal.

- Kurangi mentega

Kurangi kebiasaan mengoleskan mentega pada roti atau makanan lainnya karena Anda bisa mengurangi 200-300 kalori per hari.


- Makan pelan-pelan

Nikmati setiap suapan dan kunyahlah makanan dengan perlahan sehingga Anda lebih cepat merasa kenyang. Bila Anda masih tergoda untuk menghabiskan satu porsi makanan lagi, tunggulah 20 menit, biasanya rasa lapar itu akan hilang. (Kompas)

No comments:

Post a Comment