Tuesday, December 16, 2008

Penderita Diabetes Saat Hamil Cenderung Lahirkan Bayi Gemuk


Anak-anak yang dilahirkan oleh ibu yang terserang diabetes selama kehamilan lebih mungkin untuk kelebihan berat badan atau jadi gemuk dibandingkan teman sebaya mereka, demikian hasil suatu studi baru.

Namun, perawatan apa yang disebut diabetes saat hamil mengurangi resiko itu? Dr Teresa A. Hillier dan rekannya mengkaji hampir 10.000 pasangan ibu-anak yang terdaftar dalam rencana Kaiser Permanente di Hawaii dan di Pasifik Timur-laut selama masa dari 1995 sampai 2000. Perempuan yang sudah terserang diabetes tak dimasukkan.

Penelusuran anak-anak itu 5 sampai 7 tahun kemudian mengungkapkan hubungan besar antara berat tubuh mereka dan kadar gula darah ibu mereka ketika diperiksa selama kehamilan, demikian laporan para peneliti tersebut di dalam jurnal medis Diabates Care.

Secara khusus, seorang anak memiliki kemungkinan 28 persen lebih besar untuk kelebihan berat badan atau jadi gemuk ketika tingkat gula darah ibu mereka selama kehamilan berada pada posisi atas dibandingkan dengan yang memiliki gula darah pada posisi lebih rendah.
Menurut tim Hillier, kecenderungan itu tetap tinggi setelah penelitian pada peningkatan berat tubuh ibu, usia ibu, jumlah kehamilan, etnik, dan berat tubuh bayi saat dilahirkan.

Namun, analisis lebih lanjut memperlihatkan bahwa resiko kegemukan tak meningkat tajam di kalangan anak-anak yang dilahirkan oleh ibu yang menjalani perawatan diabetes saat hamil.

“Hasil kami menunjukkan bahwa ‘jejak motabolis’ anak untuk mengalami kegemukan pada masa depan terlihat dengan satu, atau lebih, kondisi tidak normal dalam pemeriksaan toleransi gula darah,” demikian kesimpulan Hillier dan rekannya. “Resiko tersebut dapat berubah melalui perawatan diabetes saat hamil.” (mediaindonesia)

No comments:

Post a Comment