Monday, April 28, 2008

Sekilas manfaat probiotik

Yogurt adalah produk yang dihasilkan dari susu yang mengalami pengasaman. Proses pengasaman dengan bantuan mikroba hidup ini dinamakan fermentasi. Pada umumnya, fermentasi yogurt dilakukan dengan menggunakan mikroba jenis bakteri tertentu, misalnya bakteri asam laktat.

Disebut bakteri asam laktat karena bakteri ini mampu menggunakan zat gula yang terkandung dalam susu (laktosa), dan mengubah atau memfermentasi gula tersebut menjadi asam laktat. Asam laktat inilah yang membuat susu tersebut terasa asam. Bakteri asam laktat dan bakteri lain yang digunakan dalam proses industri fermentasi susu dikelompokkan sebagai mikroba probiotik.

Apa itu probiotik?

Probiotik oleh Badan Pangan dan Pertanian dunia FAO serta Badan Kesehatan Dunia WHO diartikan sebagai mikroba hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai dapat meningkatkan kesehatan manusia atau hewan yang mengkonsumsinya.

Manfaat Probiotik

Pemberian probiotik dilaporkan dapat mengkondisikan jumlah dan ragam mikroba yang menghuni saluran pencernaan manusia atau hewan. Keadaan ini selanjutnya mampu menekan pertumbuhan bakteri penyakit yang merugikan.

Manfaat lain probiotik di antaranya mengurangi atau menyerap senyawa racun di dalam saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, bahkan hingga menekan penyebaran sel tumor dan menjadikannya tidak aktif.

No comments:

Post a Comment