Sunday, August 1, 2010

Gerenyet (Tics): Pada Anak-Anak

Gerenyet urat syaraf (Tics)adalah gerakan tidak disengaja yang cepat tanpa tujuan, berulang-ulang tetapi tidak berirama yang secara virtual identik terhadap satu dengan lain. Mereka bisa ditekan tetapi hanya untuk waktu yang singkat dan hanya dengan upaya sadar.

Gerenyet urat syaraf bisa sederhana atau kompleks. Gerenyet urat syaraf ringan, seperti kedipan berlebihan, meringis, atau sentakan kepala, bisa diawali sebagai gelisah mannerisms. Gerenyet urat syaraf kompleks, seperti yang terjadi pada sindrom Tourette, seringkali menyerupai bagian-bagian pada perilaku normal.

PENYEBAB

Gerenyet urat syaraf, khususnya gerenyet urat syaraf ringan, bisa terjadi dengan sendirinya. Kebanyakan gerenyet urat syaraf dimulai selama masa kanak-kanak dan hilang tanpa pengobatan. Atau gerenyet bisa terjadi sebagai bagian dari gangguan lain, seperti penyakit Huntington, gangguan obsessive-compulsive, beberapa infeksi, atau sebuah stroke. Beberapa obat-obatan dan racun menyebabkan gerenyet urat syarat.

GEJALA

Sebelum gerenyet urat syaraf terjadi, orang bisa merasakan dorongan untuk melakukan gerenyet urat syaraf. Dorongan tersebut serupa dengan keinginan untuk bersin atau menggaruk rasa gatal. Ketegangan terbentuk, biasanya pada bagian tubuh yang terkena. Ketika orang menyerah terhadap gerenyet urat syaraf, mereka merasa plong dengan singkat.

Gerenyet urat syaraf tersebut kadangkala bisa di tunda untuk hitungan detik sampai menit, tetapi biasanya segera menjadi mengganggu. Kebanyakan orang mengalami masalah pengendalian gerenyet, khususnya selama mengalami stress emosi. Meskipun begitu, beberapa orang bisa menekan beberapa gerenyet, biasanya dengan susah payah. Memberi perhatian terhadap gerenyet urat syaraf, terutama sekali pada anak-anak, bisa membuat gerenyet urat syaraf tersebut memburuk.

PENGOBATAN

Bagi orang yang menderita gerenyet urat syaraf ringan (terutama sekali anak-anak), menentramkan hati seringkali adalah yang terbaik, dengan sedikit memberikan perhatian pada gerenyet urat syaraf tersebut sebisa mungkin.

Jika gerenyet urat syaraf terutama yang menyusahkan, bisa diobati dengan obat-obatan. Untuk gerenyet urat syaraf ringan, benzodiazepines, seperti clonazepam dan diazepam, bisa membantu. Obat-obatan ini adalah obat penenang ringan yang digunakan dengan cara dimiunumt. Clonidine, sebuah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, kadangkala membantu. Clonidine menghambat gerak norepinephrine, sebuah neurotransmiter yang diduga turut menyebabkan gerenyet urat syaraf. Efek samping bisa termasuk tekanan darah rendah yang berlebihan.

Untuk gerenyet urat syaraf berat, obat-obatan antipsikotik kemungkinan efektif sekalipun psikosis bukan penyebab pada gerenyet urat syaraf. Atau racun botulinum bisa disuntikkan ke dalam otot yang terkena, melumpuhkan otot tersebut dan dengan demikian mencegah gerenyet urat syaraf.

No comments:

Post a Comment