Friday, August 20, 2010

Kemoterapi Pada Kanker

Kemoterapi memerlukan penggunaan obat untuk menghancurkan sel kanker. Walaupun obat ideal akan menghancurkan sel kanker dengan tidak merugikan sel biasa, kebanyakan obat tidak selektif. Malahan, obat didesain untuk mengakibatkan kerusakan yang lebih besar pada sel kanker daripada sel biasa, biasanya dengan menggunakan obat yang mempengaruhi kemampuan sel untuk bertambah besar. Pertumbuhan yang tak terkendali dan cepat adalah ciri khas sel kanker. Tetapi, karena sel biasa juga perlu bertambah besar, dan beberapa bertambah besar cukup cepat (seperti yang di sumsum tulang dan garis sepanjang mulut dan usus), semua obat kemoterapi mempengaruhi sel biasa dan menyebabkan efek samping.



Satu pendekatan baru untuk membatasi efek samping dan meningkat efektivitas penggunaan jenis obat yang "diarah secara molekuler". Obat ini mematikan sel kanker dengan menyerang saluran dan proses vital untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan sel kanker. Misalnya, sel kanker memerlukan pembuluh darah untuk memberikan gizi dan oksigen. Beberapa obat bisa menghalangi pembentukan pembuluh darah ke sel kanker atau saluran pemberian sinyal utama yang menguasai pertumbuhan sel. Imatinib, obat pertama yang seperti itu, sangat efektif untuk kronis myelocytic leukemia dan kanker tertentu saluran pencernaan. Erlotinib dan gefitinib untuk receptors bertempat di permukaan sel pada sel paru-paru kanker kecil-non kanker. Obat yang diarahkan secara molekuler ternyata berguna dalam mengobati banyak kanker lain, termasuk payudara dan kanker ginjal.



Tidak semua kanker memberi respon pada kemoterapi. Jenis kanker menentukan obat mana yang digunakan, dengan kombinasi apa, dan dengan dosis berapa. Kemoterapi mungkin dipakai sebagai satu-satunya perlakuan atau digabungkan dengan terapi radiasi atau pembedahan, atau kedua.



Kemoterapi Dosis tinggi: Pada percobaan untuk meningkatkan efek antitumor dari obat kanker, dosis mungkin ditambah dan waktu antara siklus terapi mungkin dikurangi (dosis kemoterapi padat). Kemoterapi dosis-padat, dengan periode yang diperpendek, secara rutin dipakai pada pengobatan kanker payudara. Kemoterapi dosis tinggi sering dipakai untuk pengobatan orang dengan kanker sudah berulang setelah terapi dosis standar, teristimewa bagi orang dengan myeloma, lymphoma, dan leukemia. Tetapi, kemoterapi dosis tinggi bisa menyebabkan luka yang mengancam hidup pada sumsum tulang. Oleh karena itu, kemoterapi dosis tinggi secara umum digabungkan dengan strategi penyelamatan sumsum tulang. Pada sumsum tulang yang diselamatkan, sel sumsum tulang diangkat sebelum kemoterapi dan dikembalikan kepada orang setelah kemoterapi. Pada beberapa kasus, sel tangkai bisa diisolasikan dari aliran darah dari sumsum tulang dan bisa ditanamkan ke dalam orang setelah kemoterapi untuk memulihkan fungsi sumsum tulang.



Efek Samping



Kemoterapi secara umum menyebabkan mual, muntah, kehilangan selera makan, kehilangan berat badan, kepenatan, dan sel darah hitung rendah yang menyebabkan anemia dan risiko infeksi bertambah. Dengan kemoterapi, orang sering kehilangan rambut mereka, tetapi akibat sampingan lain bevariasi tergantung jenis obat.



Mual dan Muntah: gejala ini biasanya bisa dicegah atau dikurangi dengan obat (kontra-obat emesis). Mual juga mungkin dikurangi oleh makanan makan kecil dan dengan menghindari makanan yang tinggi di serat, gas barang hasil bumi itu, atau yang sangat panas atau sangat dingin.



Sel Darah Hitung rendah: Cytopenia, kekurangan satu atau lebih tipe sel darah, bisa terjadi karena efek racun obat kemoterapi pada sumsum tulang (di mana sel darah dibuat). Misalnya, penderita mungkin membuat sel darah merah yang rendah secara abnormal (anemia), sel darah putih (neutropenia atau leukopenia), atau platelet (thrombocytopenia). Jika anemia parah, faktor pertumbuhan spesifik, seperti erythropoietin atau darbepoietin, bisa diberikan untuk pertambahan pembentukan sel darah merah, atau n sel darah merah bisa ditransfusikan. Jika thrombocytopenia hebat, platelet bisa ditransfusikan untuk merendahkan risiko pendarahan.



Orang dengan neutropenia meningkatkan risiko terkena infeksi. Demam lebih tinggi daripada 100.4 F pada penderita dengan neutropenia dianggap sebagai keadaan darurat. Orang seperti itu harus dievaluasi untuk infeksi dan mungkin memerlukan antibiotika dan malahan opname. Sel darah putih jarang ditransfusikan karena, waktu ditransfusikan, mereka terus hidup hanya beberapa jam dan menghasilkan banyak akibat sampingan. Malahan, bahan tertentu (seperti granulocyte koloni merangsang faktor) bisa diberikan untuk merangsang produksi sel darah putih.



Efek Samping yang sering terjadi lainnya: Banyak penderita mengalami radang atau malah luka selaput lendir, seperti pada garis mulut. Luka mulut nyeri dan bisa membuat makan sulit. Berbagai larutan oral (biasanya berisi antasida, antihistamin, dan anestetik lokal) bisa mengurangi ketidaknyamanan. Pada kesempatan langka, orang perlu support nutrisi dengan memasang tabung pemberi makan yang ditempatkan secara langsung ke dalam perut atau usus kecil atau dengan urat darah. Jenis obat bisa mengurangi diare yang disebabkan oleh terapi radiasi ke perut.



Orang yang diperlakukan dengan kemoterapi, khususnya senyawa alkylating, mungkin mempunyai risiko bertambah leukemia sedang berkembang beberapa tahun sesudah pengobatan. Beberapa obat, khususnya alkylating agen, sebab infertility di beberapa wanita dan di kebanyakan laki-laki yang mendapat perlakuan ini.



Obat Kemoterapi

Contoh

Bagaimana Obat Bekerja

Efek samping

Senyawa Alkil

Cyclophosphamide



Chlorambucil



Melphalan

Dari kimia berikatan dengan DNA, menyebabkan perpecahha DNA dan kesalahan daam replikasi dari DNA

Menekan sumsum tulang

Luka sepanjang perut

Menyebabkan rambut rontok

Dapat mengurangi kesuburan

Menekan system kekebalan tubuh

Dapat menyebabkan leukemia

Antimetabolit

Methotrexate

Cytarabine

Fludarabine

6-Mercaptopurine

5-Fluorouracil

Menghalangi sintesa DNA

Sama seperti senyawa alkil

Tidak meningkatkan resiko leukemia

Antimitotik

Vincristine

Paclitaxel

Vinorelbine

Docetal

Abraxane

Menghalangi pembelahan sel kanker

Sama seperti senyawa alkylating

Juga dapat merusak saraf

Tidak menyebabkan anemia

Penghambat Topoisomerase

Doxorubicin

Irinotecan

Mencegah sintesis DNA dan perbaikan melalui penghalangan anzim yang diamakan topoisomerases

Sama seperti senyawa alkylating

Doxorubicin dapat menyebabkan kerusakan jantung

Derivatif Platinum

Cisplatin

Carboplatin

Oxaliplatin

Membentuk ikatan dengan DNA menyebabkan kehancuran

Sama seperti senyawa alkil

Juga dapat menyebabkan kerusakan saraf, dan ginjal, kerontokan rambut

Terapi hormonal

Tamoxifen

Menghalangi aksi estrogen (pada kanker payudara)

Dapat menyebabkan kanker endometrial, pembekuan darah, muka merah

Penghambat Aromatase

Bicalutamid

Menghalangi aksi androgen (pada kanker prostate)

Dapat menyebabkan disfungsi ereksi (impotensi) dan diare

Anastrozole

Examestane

Letrozole

Menghalangi pembentukan estrogen

Dapat menyebabkan keropos tulang (osteoporosis) dan gejala menopause

Penghambat sinyal

Imatinib

Menghalangi sinyal untuk pembelahan sel pada myelocytic leukemia kronis

Dapat menyebabkan fungsi hati abnormal dan retensi cairan

Gefitinib

Erlotinib

Menghalangai pertumbuhan epidermis faktor reseptor

Dapat menyebabkan rash dan diare

Antibodi Monoklonal

Rituximab

Menginduksi kematian sel dengan berikatan dengan permukaan reseptor sel pada tumor turunan limfosit

Dapat menyebabkan reaksi alergi

Trastuzumab

Menghalangi reseptor factor pertumbuhan pada sel kanker payudara

Dapat menyebabkan gagal jantung

Gemtuzumab

Ozogamicin

Berisi antibodi khusus berikatan dengan reseptor yang terdapat di sel leukemia kemudian mengirimkan dosis racun kemoterapinya

Dapat menyebabkan penekanan platelet yang diperpanjang, dimana meningkatklan resiko pendarahan

Modifikasi respon biologi

Interferon-alpha

Tidak ketahui

Dapat menyebabkan demam, dingin, tekanan pada sumsum tulang, kekurangan tiroid, hepatitis

Senyawa diferensiasi

Tretinoin

Menginduksi diferensiasi dan kematian sel leukemia

Dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang parah

Arsenic trioxide

Menginduksi diferensiasi dan kematian sel leukemia

Menyebabkan irama jantung abnormal dan ruam

Senyawa yang menghalangi pembentukan saluran darah (senyawa antiangiogenik)

Bevicizumab

Menghalangi factor pertumbuhan vascular endothelial (vascular endothelial growth factor =VEGF)

Dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kehilangan protein di urin, perdarahan, penggunpalan darah, perforasi usus

Serafinib

Sunitinib

Menghalangi factor pertumbuhan vascular endothelial (vascular endothelial growth factor =VEGF)

Dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kehilangan protein di urin



No comments:

Post a Comment