Sunday, December 26, 2010

Sedih dan Depresi? Minumlah Teh Hijau

Bila Anda ingin mengunjungi nenek atau orangtua yang sudah lanjut usia, jangan lupa berikan teh hijau sebagai buah tangan. Penelitian menunjukkan, orang lanjut usia yang sering mengonsumsi teh hijau lebih jarang mengalami perasaan sedih dan kesepian.

Dr.Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering, Jepang, dan timnya menemukan bahwa kakek atau nenek berusia 70 tahun atau lebih yang rutin mengonsumsi empat cangkir lebih jarang mengalami gejala depresi yang kerap dirasakan para lansia akibat kesepian.

Manfaat teh hijau dalam menurunkan kadar masalah-masalah psikologis telah dinyatakan oleh banyak data dan literatur. Namun dalam studi yang dilakukan Kaijun Niu ini, ia hanya memfokuskan kaitan antara minum teh hijau dan gejala depresi pada 1.058 orang lanjut usia.

Kandungan teh hijau, yakni asam amino thenine, dipercaya memiliki efek menenangkan di otak. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa para lansia yang rutin minum teh hijau empat cangkir atau lebih setiap harinya lebih jarang mengalami depresi. Sebagai perbandingan, minuman yang populer lain, seperti teh hitam atau teh oolong, atau kopi tidak memiliki manfaat serupa.

Sumber : Reuters ,Kompas,Sabtu, 19 Desember 2009

No comments:

Post a Comment