Tuesday, August 12, 2008

KEGIATAN SETELAH BERCINTA (AFTERPLAY)

ISTILAH Afterplay pada intinya merupakan gambaran perlakuan pasangan suami-istri sesaat setelah berhubungan seksual sebelum tidur atau melakukan kegiatan lain. Umumnya pasangan berciuman, berpelukan dan berbagi perasaan intim. Afterplay yang hangat dan penuh kasih penting untuk meningkatkan hubungan seksual. Karena orang biasanya menjadi lebih peka satu sama lain setelah berhubungan seksual.

Seringkali pasangan malu, sungkan ataupun takut berbicara mengenai afterplay yang telah terjadi, apa yang tidak terjadi dan perlakuan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Dan itu merupakan masalah yang seringkali terjadi dan efeknya dapat dilihat secara fisik dan emosional. Hal seperti ini sebenarnya dapat dihindari dan dicegah oleh pasangan karena mereka bisa membahas masalah seks ataupun masalah di luar seks setelah mereka melakukan hubungan seksual.

Sebagian pria dan wanita setelah orgasme takut akan postcoital vulnerability dan melakukan hal lain seperti bangkit dari tempat tidur lalu menonton TV, makan atau langsung tidur. Sebenarnya dengan melakukan hal-hal seperti itu berarti mereka telah menyia-nyiakan kesempatan yang sangat baik untuk memperkuat ikatan keintiman. Jangan kita sia-siakan kesempatan itu. Tetaplah diam di tempat tidur saat selesai bercinta, berpelukanlah, atau berbisiklah seperti anak kecil yang nakal. Setelah itu lihatlah perbedaan-perbedaan apa yang terjadi dalam hidup Anda berdua.

Bila hal seperti itu terjadi pada Anda dan pasangan atau bahkan kerap terjadi setiap Anda berdua selesai melakukan hubungan seksual, maka tidak ada salahnya Anda berdua mendiskusikan dan membahasnya secara terbuka. Bicarakan fantasi seksual yang Anda berdua inginkan dengan saling bertukar keyakinan. Dengan begitu pasti hubungan seksual Anda di kemudian hari menjadi bervariasi dengan adanya hal-hal baru yang menarik untuk dilakukan dan dibahas setelah berhubungan seksual.

Setiap hubungan seksual tidak selalu harus dilakukan dengan cara yang sama dan wajar saja bila Anda atau pasangan Anda membutuhkan ruang atau sendirian sejenak setelah bercinta, dan afterplay tidak boleh dijadikan cara lain untuk menilai potensi Anda atau pasangan.

Kegiatan setelah melakukan hubungan seksual dapat ditingkatkan dengan mengikuti petunjuk-petunjuk berikut :

Jangan mengklaim afterplay yang buruk sebagai matinya seksualitas. Karena afterplay bukanlah tempat untuk melakukan kekecewaan seksual. Diskusikanlah, dan hendaknya Anda mencoba melakukannya di lain waktu secara bijaksana dengan tidak terobsesi pada kesalahan saat ini. Jangan terperangkap pada mitos hubungan seksual yang sempurna dan kecewa bila seks bukan hal yang "terbaik". Jangan khawatir dan santailah sejenak, toh masih banyak waktu.

Ungkapkan dan ekspresikan perasaan serta pikiran seksual yang selama ini belum terungkap. Apa yang membuat Anda sungkan membicarakan apa yang Anda sukai dari interaksi seksual Anda dan pasangan. Dan doronglah pasangan Anda agar ia juga membuka dirinya mengenai keinginan seksualnya dan ciptakan suasana penerimaan yang hangat dan gembira.
Jangan membawa masalah ke tempat tidur. Konflik dan masalah sering berperan dari tempat tidur. Seperti membicarakan tagihan rekening pada saat selesai bercinta atau membahas konflik yang terjadi di kantor.

Bermesraanlah. Berpelukan, berciuman dan membisikkan kata-kata mesralah setelah bercinta. Lakukan sedikitnya selama lima menit. Lima belas menit akan lebih baik lagi.
Katakan "I Love You". Kata-kata itu sangat mujarab untuk diucapkan karena memiliki arti yang sangat khusus pada momen yang hangat ini.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment