Tuesday, November 9, 2010

Atasi Nyeri Saat ML dengan Kegel

Rasa nyeri yang dialami perempuan saat melakukan hubungan seks ada solusinya. Sakit saat intercourse atau disebut dispareunia, adalah kondisi di mana individu merasakan sakit pada alat vital atau area sekitarnya saat melakukan hubungan seksual. Hal ini disebabkan oleh kondisi psikis, hormonal, atau emosi.

Umumnya, perempuan mendapati gejala ini pascapersalinan, atau ketika memasuki masa menopause. Penyebabnya, karena adanya perubahan pada struktur dan elastisitas dinding vagina. Kondisi yang berubah ini juga menyebabkan vagina kering.

Terapi hormon atau konseling seks menjadi cara mengatasinya. Namun, rasa nyeri ini bisa juga dikurangi dengan latihan kegel. Mayo Clinic merekomendasikan latihan kegel sebagai cara efektif mengurangi nyeri saat berhubungan seks. Simak tekniknya:

1. Temukan otot PC
Otot pubococcygeus atau PC adalah otot di sekitar panggul dan dinding vagina. Otot pada tulang kemaluan hingga ke tulang ekor. Inilah yang perlu dilatih dengan melakukan kegel. Cara menemukan otot PC adalah dengan memasukkan jari Anda (yang sudah dalam keadaan bersih) ke dalam lubang vagina. Lalu jepit jari dengan kekuatan otot di sekitarnya. Kekuatan jepitan ini menunjukkan kemampuan otot PC Anda.

2. Tahan posisi 10 detik
Jika sudah menemukan otot PC, mulailah latihan kegel. Lakukan gerakan seperti sedang menahan buang air kecil, dengan menggunakan otot vagina dan panggul. Tahap pertama, tahan selama lima hitungan. Lalu lepaskan kontraksi selama lima detik untuk kembali ke posisi normal. Ulangi menahan dan kontraksi selama 10 detik, dengan rehat selama 10 detik di antara gerakan.

3. Kencangkan otot  10-50 kali lebih cepat
Jika sudah mengenali tekniknya, kali ini lakukan lebih cepat dengan hitungan 10 hingga 50 kali.

4. Kombinasi gerakan menahan dan gerakan cepat
Lakukan teknik gerakan menahan lama seperti pada teknik nomor dua, lalu kombinasikan dengan gerakan fleksibilitas seperti teknik nomor tiga. Lakukan tiga kali sehari untuk meningkatkan stabilitas otot panggul dan vagina.

5. Lakukan kegel saat berhubungan seks
Cobalah melakukan kegel dengan menjepit penis saat berhubungan seks. Cara ini bisa mengurangi rasa nyeri saat bersenggama. Dengan cara ini Anda dan pasangan juga bisa mengontrol respons seksual lebih baik lagi. Begitupun untuk suami, kegel berguna untuk mengontrol ejakulasi. Latihan kegel juga membantu perempuan untuk mencapai orgasme yang lebih hebat dan memuaskan.

(Sumber: LiveStrong , Kompas, Rabu, 22/9/2010)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment