Monday, August 2, 2010

Gangguan pada saraf Hypoglossal (Hypoglossal Nerve Disorders)

Gangguan pada saraf tengkorak ke-12/saraf hypoglossal (Hypoglossal Nerve Disorders) menyebabkan kelemahan atau susut (atropi) pada lidah pada bagian yang terkena. Saraf ini menggerakkan lidah.

PENYEBAB

Penyebab gangguan pada saraf Hypoglossal termasuk sebuah tumor atau kelainan tulang pada pangkal tengkorak, stroke, infeksi pada batang otak, atau luka pada leher, seperti yang disebabkan pada operasi pengangkatan pada penyumbatan dari arteri di leher (endarterectomy). Anmyotropgic lateral sclerosis (penyakit Lou Gehrig) bisa juga merusak saraf hypoglossal.

GEJALA

Lidah tersebut menjadi lemah pada bagian yang terkena dan secepatnya merana (atropi). Akibatnya, orang mengalami kesulitan berbicara, mengunyah, dan menelan. Kerusakan disebabkan oleh amyotrophic lateral sclerosis membuat tipis, gerakan memutar yang halus (fasciculation) pada permukaan lidah.

DIAGNOSA

Magnetic resonance imaging (MRI) biasanya dilakukan untuk melihat tumor atau bukti pada stroke. Ketukan tulang belakang (tusuk sakit pinggang kemungkinan diperlukan jika kanker atau infeksi adalah mungkin).
PENGOBATAN

Pengobatan tergantung pada penyebabnya.

No comments:

Post a Comment