Friday, December 12, 2008

Tubuh Gemuk dan Risiko Kanker Ginjal

Sekali lagi kabar buruk bagi orang yang kegemukan, khususnya perempuan menopause. Menurut laporan dalam American Journal of Epidemiology, kegemukan dan lingkar pinggang yang membesar akan meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal sel karsinoma.

"Saran kami untuk menurunkan risiko kanker sel karsinoma (sel yang tidak normal, satu tahap menuju kanker) pada ginjal adalah dengan menurunkan berat badan yang berlebihan dan menjaganya agar tetap stabil," kata Dr Juhua Luo dari Institut Karolinska, Swedia.

Dalam studi yang dilakukan oleh The Womens Health Initiative Study terhadap 140.000 ribu perempuan di AS berusia 50-79 tahun, mereka yang memiliki body mass index (BMI) di atas angka 35 beresiko hingga 60 persen mengalami kanker ginjal sel karsinoma. BMI atau indeks masa tubuh adalah kalkulasi yang didasarkan pada tinggi dan berat badan seseorang.

Sementara itu, ketika para peneliti mengukur kegemukan pada lingkar pinggang dan risiko terjadinya sel kanker, mereka menemukan orang yang lingkar pinggangnya besar beresiko 24 persen. Risikonya juga tinggi pada mereka yang memiliki riwayat kegemukan.

No comments:

Post a Comment