Sunday, December 14, 2008

Rahasia Anak Langsing? Cukup Sedikit Berlari


Anak Anda kelebihan berat badan? Jangan khawatir. Ajaklah mereka bermain-main agar kegemukan tidak hinggap di tubuhnya. Menurut para peneliti Inggris dan AS, cukup dengan bermain bola selama atau berenang selama 15 menit, bisa menghindarkan anak-anak dari kegemukan.

Penelitian terhadap 5.500 anak yang dipasangi piranti sensor gerakan menunjukkan bahwa mereka yang lebih banyak bergerak, cenderung tidak mengalami kegemukan. Aktivitas yang paling membantu mencegah kelebihan berat badan adalah gerakan penuh semangat dalam jangka waktu pendek. Anak-anak yang melakukan kegiatan fisik selama 15 menit saja dalam sehari, memiliki kecenderungan 50 persen terhindar dari obesitas dibanding mereka yang tidak aktif. Begitu diungkapkan para peneliti dalam jurnal PLoS Medicine.

"Data menunjukkan bahwa aktivitas fisik dengan intensitas lebih tinggi sepertinya lebih penting daripada aktivitas secara keseluruhan," tulis Andy Ness dari University of Bristol. "Artinya cukup dengan aktivitas bersemangat dalam jangka pendek, anak akan terhindar dari kegemukan."

"Kami tahu bahwa pengaturan pola makan juga penting. Namun riset ini menekankan bahwa kita tidak boleh melupakan olahraga," lanjutnya. "Uniknya, cukup dengan sedikit saja aktivitas, kita bisa mendapatkan hasil yang sangat berbeda."

Seperti diketahui, kegemukan semakin banyak dijumpai pada anak-anak dan remaja di banyak negara. Penyebabnya adalah karena orang lebih banyak asupan kalorinya dibanding yang dibakar. Pada anak-anak, masalah kegemukan ini cenderung lebih mudah diatasi dibanding pada orang dewasa. Bila aktivitas 15 menit saja bisa mencegah anak-anak dari kegemukan, maka pada orang dewasa aktivitas ini sepertinya harus ditambah./Kompas

No comments:

Post a Comment