Sunday, December 14, 2008

Ibu Stres, Anak Tumbuh Kegemukan?

Tekanan hidup dan masalah yang datang silih berganti memang kerap membuat kita stres dan depresi. Namun, berhati-hatilah bila Anda seorang ibu. Menurut penelitian, ibu yang stres bisa memicu kegemukan pada anak.

"Orang biasanya merespon stres dengan makan. Demikian juga dengan anak-anak yang bisa jadi makan lebih banyak karena merasa stres dengan keadaan di rumah," kata Craig Gundersen dari University of Illinois.

Gundersen dan tim peneliti dari Iowa State University dan Michigan State University melakukan penelusuran data terhadap 841 anak yang hidup dalam keluarga miskin. Pengumpulan data dilakukan mulai tahun 1999-2002. "Kami menemukan bahwa akumulasi stres yang dialami oleh sang ibu menentukan tingkat kegemukan anak," tulis peneliti dalam laporan yang dimuat dalam jurnal Pediatiric.

Seperti diketahui, 90 persen kegemukan adalah akibat makan berlebihan. Karena itulah, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam pengaturan pola makan Si Kecil. "Anak-anak bisa terpengaruh oleh tekanan yang dialami orangtuanya. Mereka juga akan mencari pelarian dengan mengonsumsi makanan yang biasanya," demikian laporan tim peneliti.

Selain pengaturan pola makan, aktivitas fisik juga akan mencegah anak dari kegemukan karena energi yang dikeluarkan diharapkan seimbang dengan makanan yang masuk. /Kompas

No comments:

Post a Comment