Monday, August 4, 2008

Pacar Air atasi keputihan

Tanaman yang juga disebut paruinai (Minangkabau) atau pacara cai (Sunda) ini sering digunakan dalam acara adat. Di beberapa daerah, seperti Sumatra Barat, calon mempelai wanita diharuskan melalui 'malam bainai". Sehari sebelum menikah, jemari serta kaki dan tangan calon mempelai wanita ditempeli herba pacar air (Impatiens balsamina Linn) yang sudah ditumbuk atau dihaluskan. Pacar air menularkan warna kuning tua pada kulit, sehingga kaki dan tagan terlihat indah seperti 'diukir'.

Sebetulnya pacar air tidak hanya mempercantik jemari. herba pacar air mengandung zat-zat kimia yang dapat difungsikan sebagai obat luar maupun diminum. Salah satu kegunaan pacar air yang menonjol adalah mengobati radang kuku. Menempelkan herba pacara air di atas kuku dapat menyehatkan kuku berikut jaringan di bawahnya.

Khasiat bunga, biji, daun, dan akarPacar air menyimpan beragam khasiat. Bunga yang mengandung anthocyanin, cyanidin, dan malvidum dapat meluruhkan haid, hipertensi, bisul, rematik, sendi, gigitan ular berbisa, serta radang kulit.

Biji pacar air dapat mempermudah persalinan dan mengobati kanker saluran pencernaan bagian atas. Akarnya berfungsi sebagai obat antiinflamasi (antiradang), rematik, leher kaku, dan sakit pinggang. Sedangkan daunnya adalah obat untuk keputihan, nyeri haid, radang usus buntu kronis, antiradang dan patah tulang.

Efek sampingMeski khasiatnya cukup paten, pacar air menyisakan efek samping, terutama untuk ramuan yang diminum. Pemakaian yang terlalu lama membuat mulut terasa kering, perut mual, dan nafsu makan berkurang. Bila pengobatan dihentikan, dalam 3 hari efek samping pacar air akan hilang sendiri.

Ramuan pacar air Pencegah dan mengatasi kanker (Karsinoma)
Ambil 15 gram biji pacar air dan 30 gram rumput mutiara (Hedyotis corymbosa). rebus dengan 600 cc air hingga bersisa 300 cc. Saring, lalu minum airnya. Lakukan duakali sehari dalam sambil tetap berkonsultasi dengan dokter.

Radang kuku
Ambil seluruh bagian herba pacar air secukupnya. Haluskan, lalu tempelkan pada kuku yang sakit, kemudian balut dengan kain kasa. Lakukan setiap hari selama 1-2 minggu.

Bisul (Furunculus), radang kulit (Dermatitis)
Ambil 3 - 6 gram bunga pacar air dan 5 lembar daun cocor bebek. Rebus dengan 500 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring dan minum airnya.Ambil 15 daun pacar air segar dan 5 lembar daun cocor bebek. Haluskan, lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

Radang usus buntu kronis (Cronic Appendicitis)
Sediakan 30 gram herba pacar air dan 30 gram sambiloto. Rebus dengan 600 cc air hingga bersisa 300 cc. Saring lalu minum airnya. Lakukan secara rutin.

Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Ambil 10 gram bunga pacar air dan 100 gram seledri kecil. Rebus dengan 400 cc air sampai bersisa 200 cc. Saring lalu minum airnya.

Keputihan
Ambil 30 gram daun pacar air segar. Rebus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc. Saring lalu minum airnya.

Sumber: human health

No comments:

Post a Comment