Monday, August 4, 2008

Luo Han Guo, Buah Seribu Manfaat

Robertus (64 tahun) sudah lima tahun mengalami gangguan tenggorokan. Gangguan biasanya datang ketika pergantian musim tiba. Beruntung, ia mengenal buah luo han guo dari seorang akupunturis, lima bulan silam. Hasilnya, pada pergantian musim panas ke penghujan lalu, ia tak lagi mengalami gangguan radang tenggorokan.

Luo han guo adalah tumbuhan merambat yang berasal dari daratan Cina. Tanaman bernama Latin Memordicae grosvenori Swingla ini duibudidayakan seperti anggur. Bentuk buahnya seperti bola, berdiameter 4-6 cm.
Buah yang mentah warnanya hijau tua, sedikit mengkilat. Sejak dahulu buahnya dipakai untuk mengobati batuk atau radang tenggorokan. Daunnya digunakan mengobati penyakit kulit, akarnya untuk penyakit cacar, kulitnya buat luka tersayat pisau atau benda tajam lain.

Menurut Yuliana Tjandra, pengajar di Lembaga Pendidikan Akupuntur Tseng Kai, Jakarta, buahnya punya khasiat jauh lebih besar ketimbang bagian lain dari tanaman ini. Dijelaskannya, tanaman yang paling baik berasal dari Provinsi Guang Xi, Cina, tepatnya di Guilin, kota dengan pemandangan yang indah.

Di kota itu terdapat gunung batu yang mengandung mineral, terutama kalsium. Tidak heran, luo han guo yang tumbuh di Guilin mengandung banyak mineral.

Untuk penyanyiBuah luo han guo mentah tak bisa digunakan sebagai obat karena rasanya yang tidak manis. "Setelah dipetik, jangan disimpan terlalu lama. Buah ini berkhasiat bila telah diolah. Kulit luarnya kering dan ringan, bila ditekan hancur. Di dalamnya seperti gumpalan busa berwarna kuning kecoklatan. Bila kulit luar kering dan dalamnya basah berarti buahnya sempurna, harus disimpan di dalam lemari es, supaya tidak berjamur," paparnya.
Pada tahun 1983, seorang profesor di Jepang mengadakan penelitian dan menemukan bahwa luo han guo mengandung glucoside-terpene dan sedikit fruktosa, rasa manisnya 400 kali lipat dari gula pasir, tetapi tidak mengandung kalori.

Setahun terakhir ini para ahli di sana meneliti kandungan, khasiat dan manfaat buah luo han guo untuk pengobatan. Dari penelitian yang telah dilakukan, buah luo han guo dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes mellitus, hipertensi, asma, batuk, tenggorokan kering, radang kulit, menurunkan berat, mencegah flek, keriput, jerawat, mencegah rambut rontok, penyakit lambung, alergi, mengurangi gejala penyakit menjelang menopause, kelainan pada uterus, dan melancarkan buang air besar.

Di dalam buku Siraitia Groseenorii karangan C, Jeffrey, disebutkan bahwa luo han guo rasanya manis, mempunyai sifat dingin, dan tidak beracun. Buah ini baik untuk mengobati penyakit paru dengan gejala demam dan batuk, dapat juga membantu kesehatan saluran cerna serta menghilangkan panas dan lendir tenggorokan. Selain itu, buah ini baik untuk organ hati dan pankreas, memulihkan tekanan darah dan kencing manis.

Kata Yuliana, sebuah luo han guo direbus dengan 2 liter air hingga berwarna kecoklatan, sekitar 25 menit. Bila campuran tersebut ditambah telur ayam dan diminum setiap pagi bermanfaat untuk mencegah suara serak dan radang tenggorokan. Ramuan ini cocok untuk penyanyi.
Dijelaskan David Sungahandra dari Klinik Lotus, Jakarta, buah luo han guo sudah ada dalam bentuk instan. "Harga satu kotak instan luo han guo sekitar Rp 20.000-30.000. Cara menyajikannya, satu kotak dicampur dengan satu gelas air hangat. Selanjutnya larutan tersebut siap diminum.

Untuk mengobati radang tenggorokan, cukup dengan mengisapnya, layaknya permen. Menurut David, gangguan tenggorokan akan sembuh setelah mengonsumsi buah ini selama 2 hari, sedangkan menurut Yuliana, setelah satu minggu.

Kerja Luo Han GuoSecara empiris buah ini juga mempunyai efek membuat kulit licin, mengkilat, dan tidak kering. Selain itu dapat pula digunakan sebagai obat diare, mengilangkan rasa lelah, alergi, meredakan sesak napas, asma, atau gatal karena gigitan serangga.

"Buah ini juga mampu membuat penglihatan lebih jelas, menghilangkan bau amis, serta rasa dingin pada kaki dan tangan, melunakkan daging atau tulang yang keras, dan membuat masakan menjadi lezat," kata Yuliana.

Luo Han Guo bergabung dengan makanan lain pada saat penyerapan, dan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah luo han guo mengandung fruktosa yang setara 50-80 gram gula pasir. Satu gelas ramuan luo han guo mengandung 0,1 gram kadar fruktosa.

Konsumsi gula yang berlebih bisa menjadi pencetus kegemukan, yang tentu saja akan menimbulkan berbagai penyakit. Sebaliknya, luo han guo tidak membut tubuh gemuk. Buah luo han guo mengandung vitamin A, B, C, D, E, betakaroten, serta fosfor, zat besi, kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan zinc.

Anda dapat memperoleh buah ini di Klinik Vikrist. Dua buah luo han guo dijual seharga Rp. 15.000.

Sumber: Senior

No comments:

Post a Comment