Wednesday, August 6, 2008

Lada (Piper nigrum L.), dari Sakit kepala sampai Impoten

Bila Anda mudah terserang sakit kepala berat dengan gejala seolah-olah kedua pelipis, tulang hidung, dan tulang muka serasa ditekan-tekan, sering-seringlah makan sup. Boleh sup apa saja, seperti sup ayam atau sup krim jagung, asalkan panas dan pedas. Hidangan sup biasanya dibubuhi bumbu lada. Inilah rahasia penyembuhan sakit kepala Anda.

Lada yang juga disebut merica, sahang atau pepper (Ingrris) mengandung zat kavisin yang membawa sifat pedas. Di dalam tubuh, senyawa-senaywa yang menjadi sumber rasa pedas akan bekerja meredam aktivitas otak saat menerima sinyal rasa sakit yang disalurkan dari sistem saraf. Sehingga beban rasa sakit yang tadinya tinggi jadi berkurang. Bumbu dapur yang berasal dari India Selatan ini juga baik dikonsumsi penderita sinusitis yang mudah terkena flu dan pilek. Lada mampu mengencerkan dahak dan lendir di rongga hidung, sehingga saluran napas terasa lega.

Lada tergolong tumbuhan afrodisiak. Senyawa boron, calamene dan vacrol yang terdapat pada butiran buah lada dapat merangsang pengeluaran hormon androgen dan estrogen yang merupakan bekal utama pembangkit gairah seksual pada pria dan wanita. Predikat afrodisiak membumbungkan nama lada sebagai salah sati tumbuhan yang berpotensi mengatasi frigiditas dan impotensi.

Berkat kandungan beragam senyawa kimia penting, lada juga berkhasiat mengatasi bau berkeringat yang kurang sedap, haid yang tidak teratur, panas dalam, rematik, asam urat, tulang keropos, sakit gigi, asma, hernia dan penyakit kulit seperti kurap, kadas dan eksim. Pendek kata, begitu beranekanya manfaat lada bagi kesehatan, seakan-akan buah buni kecil yang berdiameter sekitar 5 mm ini jelmaan sebuah pabrik obat.

Obat tradisional lada
Sakit kepala
Sediakan 5 gram lada, 5 butir cengkeh, 5 gram biji paa, dan 1 jari kayu manis. Cuci lalu keringkan. Tumbuk hingga menjadi bubuk. Seduh dengan air panas. Minum selagi hangat.

Asma
Ambil 10 butir lada, 8 lembar daun sirih. Haluskan, tambahkan 1 sendok teh minyak kayu putih. Aduk lalu oleskan pada tengkuk dan dada.

Frigiditas
Sediakan 5 gram lada, 1 sendok teh jinten, 5 gram pulasari, dan 15 gram jahe. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian saring. Tambahkan madu secukupnya. Minum selagi hangat.

Impotensi
Sediakan 10 gram lada, 5 gram jahe, 15 gram biji kucai, 15 gram biji pare kering jahe, dan gula merah secukupnya. Rebus bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring, lalu minum airnya.

Sumber: human health

No comments:

Post a Comment