Wednesday, August 13, 2008

Kemangi

Khasiat kemangi sebagai pemacu gairah seks sudah lama dikenal. Daunnya bisa diseduh dan diminum untuk menggantikan teh guna meredam demam yang sering menyerang di saat pergantian musim.

Menurut Drs. Didik Gunawan, Apt, SU, dosen Jurusan Farmasi Universitas Gadjah Mada, tanaman yang bisa digunakan seluruh bagian tubuhnya, baik biji, batang maupun daunnya ini juga berkhasiat obat.

Beberapa contoh ramuanSalah satu cara mengonsumsi daun kemangi adalah dimakan mentah sebagai lalapan. Namun, kemangi bisa pula dikonsumsi dengan campuran lain. Berikut ini beberapa ramuan yang diperoleh dari berbagai sumber:

Lelah, lesu, pegal linu, dan sulit tidur nyenyak
Bahan:
20 lembar daun kemangi muda
Air putih masak sepertiga gelas besar
Tiga butir telur burung puyuh
Garam secukupnya
Gula batu secukupnya

Cara meramu;
Ambil 20 lembar daun kemangi muda. Cuci hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus, tambahkan air masak. Saring dan campur dengan tiga butir telur burung puyuh, lalu aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan sedikit garam dan gula betu secukupnya. Aduk lagi sambil tambahkan sedikit air hangat hingga ramuan tersebut benar-benar tercampur, lalu minum.

Demam dan obat penenang
Bahan:
Biji kemangi 1-2 sendok teh
Air matang satu gelas

Cara meramu:Biji direndam air panas sampai mengembang. Jika perlu, tambahkan sedikit sirup atau gula. Diminum sebagai pengganti air teh.

Bisul
Bahan:
Daun kemangi secukupnya
Minyak kelapa atau minyak goreng

Cara meramu:
Daun dibakar hingga menjadi abu, campur dengan sedikit minyak lalu oleskan pada bisul.

Kembung, demam, masuk angin (pada bayi)
Bahan:
Segenggam daun kemangi
Daun siung bawang merah
Minyak kelapa satu sendok teh

Cara meramu:
Bawang merah diparut, dicampur minyak kelapa dan remasan daun kemangi.Oleskan pada perut, dada dan punggung bayi.

Untuk vitalitas pria dan wanita
Untuk meningkatkan vitalitas, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi sebagai teman makan sehari-hari. Bagi masyarakat Sunda di Jawa Barat, daun kemangi merupakan menu "wajib" baik dimakan mentah sebagai lalapan atau sebagai bumbu pepes ikan segar. Mengonsumsi daun kemangi dalam waktu lama merupakan cara terbaik untuk memperoleh manfaat maksimal bagi pria maupun wanita. Sumber: Senior

No comments:

Post a Comment