Wednesday, August 13, 2008

Jeruk Nipis

Karena rasanya yang asam, jeruk nipis pantang dikonsumsi di waktu pagi. Alasannya, takut sakit perut. Padahal rasa asamnya tersebut justru berkhasiat menetralkan lambung.

Mengapa jeruk nipis menjadi begitu berharga tentunya tidak lepas dari manfaatnya. walaupun ukurannya kecil, jeruk nipis memiliki semua kandungan nutrisi yang dimiliki jeruk seperti vitamin C, senyawa limonin, dan hesperidin. Memiliki efek ekspektoran (mengencerkan lendir), antiseptik, antioksidan, antitoksik (mengeluarkan racun), diuretik (peluruh kencing), astringen (menciutkan) dan antiradang. Tapi melebihi jeruk manis, kandungan minyak atsiri jeruk nipis (limonin) jauh lebih tinggi.

Di dapur, reputasi jeruk nipis mendekati garam. Tapi gengsinya di dunia pengobatan lebih menarik. Tidak saja di Tanah Air yang merupakan daerah aalnya, tapi juga di Tiongkok, Arab, dan Amerika. Karena itulah sampai kini khasiat jeruk nipis terus diteliti.

Ramuan jeruk nipis

Radang amandel
Bahan:5 buah jeruk nipis, kulitnya saja4 gelas air
Cara membuat:Kulit jeruk diiris halus lalu rebus sampai airnya hanya tersisa 1 1/2 gelas. Dinginkan kemudian saring. Gunakan 1/2 gelas untuk berkumur dan sisanya untuk diminum pagi dan sore hari.

Batuk
Bahan:1 buah jeruk nipiskapur sirih secukupnya
Cara membuat:Jeruk nipis dibelah, lalu olesi dengan kapur sirih sampai rata. Panaskan jeruk nipis di atas api kecil sampai kulitnya berwarna kehitaman. Hangat-hangat peras jeruk nipis, minum.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Bahan:1/2 buah jeruk nipis, iris menjadi 4 bagian2 gelas (500 cc) air1 sdm madu
Cara membuatnya:Rebus jeruk nipis sampai airya tersisa separuhnya. Bubuhi madu, lalu minum setelah hangat.

Otot tegang
Bahan:1 sdm air jeruk nipis1/2 sdt air
Cara menggunakannya:Campurkan kedua bahan lalu oleskan pada otot yang pegal.
Obat luka
Bahan:air jeruk nipis
Cara menggunakannya:Oleskan air jeruk nipis pada luka tergores.

Demam
Bahan:1 sdm air jeruk nipis1 lembar daun sirihair hangat secukupnya
Cara menggunakannya:Rems daun sirih dengan air hangat dan air jeruk nipis. Gunakan sebagai kompres.

Tapal sesudah melahirkan
Bahan:2 sdm air jeruk nipis2 sdm kapur sirih1 sdt minyak kayu putih
Cara menggunakannya:Campurkan semua bahan sehingga menyerupai krim. Oleskan pada perut. Lakukan setiap pagi dan sore selama 40 hari.
Sumber: Majalah Nirmala

No comments:

Post a Comment