Wednesday, August 20, 2008

Bengkuang (Pachyrrhizuz erosus Urban) Umbi Penyejuk Kulit

Mendengar kata bengkuang langsung terbayang dua hal, rujak dan bedak dingin. Bengkoang sangat terkenal sebagai komponen rujak. Rasa buahnya yang manis segar dan berair sangat klop untuk disantap dengan kuah rujak, banyak orang hanya menyantap bengkuang saat makan rujak dan jarang mengonsumsinya sehari-hari layaknya jeruk dan apel. Padahal bengkuang juga pantas dijadikan konsumsi buah harian.

Bengkuang temrasuk dalam kategori tanaman fitoestrogen. Bagi kaum perempuan, kehadiran fitoestrogen sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas hidup di usia tua. Ketika memasuki masa menopause di mana hormon estrogen tak lagi diproduksi tubuh, perempuan mengalami kemunduran fisik, diantaraya kulit cepat mengeriput serta organ tulang mulai rapuh dan mudah patah. Bila sedari muda wanita sering mengonsumsi fitoestrogen seperti bengkuang di saat menopause, tubuh masih memilki cadangan estrogen. Fisik akan tetap fit dan tulang tetap kuat maski sudah memasuki usia nenek-nenek.

Tanaman yang berasal dari Amerika Tropik ini juga memiliki kelebihan lain yakni sebagai tanaman obat. Kandungan vitamin B1 dan C-nya dapat dimanfaatkan mencegah sekaligus mengobati sariawan dan penyakit beri-beri. Sleain mengobati wasir dan demam, bengkuang berfungsi pula sebagai obat diabetes. Bila dikonumsi setiap hari, bengkuang dapat mempertahankan kenormalan gula darah.

Bengkuang juga baik untuk kesehatan kulit. Umbi serta kulitnya adpat mengobati berbagai penyakit kulit seperti eksim dan kutil. Umbinya yang berwarna putih bersifat dingin dan menyejukkan sehingga dapat digunakan untuk mendinginkan lapisan kulit yang seharian diterpa panas sinar matahari. Sifat dingin dan menyejukkan ini membuat bengkuang banyak dicari perusahaan kosmetika untuk diolah menjadi produk-produk perawatan kulit. Bedak dingin hanyalah cohtoh kegunaan bengkuang yang cukup populer di dunia kosmetika.

Membuat bedak dingin bengkuang

* Kupas kulit beberapa umbi bengkuang lalu parut. Encerkan parutan bengkuang dengan air (Perbandingan 1:1)
* Aduk sampai rata, saring, lalu diamkan air saringan selama 4-5 jam.
* Ambil pati bengkuang dengan cara membuang air yang terdapat diatasnya.
* Campurkan pati dengan tepung beras basah (perbandingannya 1:1), lalu aduk rata.
* (Tepung beras basah terbuat dari beras yang sudah dicuci dan direndam selama 1-2 malam, kemudian ditiriskan sampai agak kering, lalu ditumbuk sampai halus).
* Bentuk menjadi bulatan sebesar kelereng, kemudian pipihkan.
* Keringkan selama 2 jam
* Campurkan dengan bahan pewangi. Setiap 1 kg keping bedak dingin memerlukan 5 kuntum mawar, 5 kuntuk kenga, 10 lembar daun pandan, setengah genggam bunga sedap malam.
* Keringkan lagi selama 2 jam. Jangan lupa balikkan kepingan beberapa kali.

Ramuan bengkuang

Diabetes mellitus
Sediakan 1 atau 2 umbi (buah) benkuang, kupas kulitnya lalu parut. Saring airnya dan minum setiap pagi dan malam hari.

Eksim
Kupas kulit umbi bengkuang, lalu makan secara langsung. Lakukan dengan rutin 4 kali seminggu.

Sumber: human health

No comments:

Post a Comment